Tips Cara Mengatur dan Menyusun Perencanaan Keuangan

Tips Cara mengatur  dan Menyusun Perencanaan Keuangan - Berbicara tentang mempersiapkan hari di masa depan, pernahkah Anda merasa tidak aman secara finansial? Apalagi mereka yang bekerja di sektor swasta tanpa bermimpi mengandalkan pensiunan. Jika iya, sepertinya Anda tidak sendiri.

cara mengatur dan menyusun perencanaan keuangan

Perencanaan Keuangan

Selama masih muda, Perencanaan Keuangan harus dimulai dari sekarang. Dalam basic foundation atau yayasan keuangan ada tiga hal yang harus kita miliki. Tabungan, dana darurat, dan asuransi. Memiliki tabungan tentunya akan sangat menguntungkan. Apalagi untuk menghadapi kondisi tertentu yang mengharuskan kita memiliki dana yang cukup besar.

Baik dana mendadak maupun yang sudah direncanakan sebelumnya. Konon menurut nasihat beberapa ahli perencanaan keuangan, daripada mengambil kredit atau meminjam, lebih baik kita mempersiapkan diri untuk menabung. Mengingat bunga kredit atau pinjaman lain yang terkadang cukup besar. Selisihnya lumayan bagus, misalnya untuk menabung lebih banyak.

Dana darurat

Menyisihkan gaji atau penghasilan untuk dana darurat juga sangat diperlukan. Dana darurat ini bisa digunakan jika Anda atau keluarga tiba-tiba sakit dan butuh uang untuk berobat, kecelakaan. Dana darurat juga bisa digunakan untuk pengeluaran tak terduga lainnya.

Apalagi seperti yang kita ketahui dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Tidak sedikit orang pernah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Dana darurat ini dapat membantu biaya hidup sehari-hari untuk mendapatkan kembali pekerjaan.

Pertanggungan

Memiliki asuransi juga sangat bermanfaat. Termasuk orang yang sudah merasakan manfaatnya secara langsung. Jika salah satu dari kalian bekerja di BNI Syariah, pastikan keluarga Anda telah terdaftar di asuransi BNI Life. Setiap bulan tentunya ada iuran yang dibayarkan oleh keluarga Anda yang dialokasikan dari gaji rutinnya.

Manfaat yang dirasakan dengan memiliki asuransi, saat sakit semua biaya pengobatan ditanggung oleh asuransi. Baik saya, suami, dan anak-anak saya. Begitu juga saat melahirkan. Semua biaya ditanggung oleh asuransi, termasuk biaya menginap di kamar VIP. Selain asuransi kesehatan, ada juga asuransi pendidikan yang bisa diklaim setiap anak kita mulai bersekolah ke jenjang yang baru. 

Namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi. Tidak sedikit yang mengeluhkan proses klaim yang panjang, berbelit-belit, dan sulit. Jadi Anda bisa benar-benar mempertimbangkan dan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memilih investasi pada sebuah brand asuransi. Dalam memilih premi, kita harus menyesuaikan dengan anggaran pendapatan kita.

Bagaimana Tips Mengatur Manajemen Pendapatan?

Supaya kita bisa punya tabungan, dana darurat, dan asuransi, tentunya ada tipsnya. Kita harus mengatur pendapatan. Penghasilan per bulan, sebesar 40 persen untuk pengeluaran sehari-hari. Makan, uang sekolah, listrik, dan sebagainya. Sebanyak 30 persen membayar cicilan, 10 persen dana tabungan dan dana, 15 persen gaya hidup. Dan tentu saja, 5 persennya untuk asuransi.

Menabung dengan Gaya Milenial

Adapun tips-tips perencanaan keuangan. Pertama, lacak pengeluaran. Tidak ada salahnya kita mencatat berapa pengeluaran setiap bulannya. Dengan begitu kita bisa tahu kemana uang yang kita peroleh dibelanjakan. Kedua, bandingkan atau bandingkan antara pendapatan dan pengeluaran. Jangan lebih besar dari tiang, guys.

Lalu ada golden ratio dalam mengelola keuangan. Menurut Nadia, 50 persen dari gaji tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan primer. Yang mana kita tidak bisa hidup tanpa menggunakan dana itu. Seperti makan, transportasi, dan membayar tagihan. Selanjutnya 30 persen untuk kebutuhan sekunder. 

Misalnya, seorang anak laki-laki mentraktir pacarnya, bergaul dengan seorang teman, atau membeli riasan untuk seorang perempuan. 20 persen sisanya untuk tabungan dan investasi. Ingat, Anda menyisihkan tabungan dan investasi. Demikian ulasan tentang tips cara mengatur dan perencanaan keuangan semoga dapat bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Tips Cara Mengatur dan Menyusun Perencanaan Keuangan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel