Cara Meraih Kesuksesan dalam Belajar, Begini Rahasianya!

sebagai seorang pelajar tentunya kamu ingin sukse dong? Nah, berikut ini adalah cara meraih kesuksesan dalam belajar yang harus kamu terapkan.

Cara Meraih Kesuksesan dalam Belajar - Bagi seorang pelajar yang sedang menempuh pendidikan seperti kamu, wajib memiliki target-target yang harus di raih. Apa itu target? Target merupakan tujuan, goal yang harus kamu capai . Misalnya saja kamu pelajar SMP, SMA maupun Mahasiswa kamu wajib memiliki goal selama kamu menempuh study. Ya katakanlah untuk menempuh pendidikan SMA itu selama 3 tahun, berarti kamu harus memiliki goal tersebut selama kurun waktu 3 tahun itu yang tentunya target tersebut tidak jauh-jauh dari yang bersifat akademik.

Apa itu target akademik? target akademik merupakan target yang berkaitan dengan nilai-nilai selama kamu menempuh pembelajaran. Misalnya untuk siswa SMP dan SMA kamu harus memiliki target berupa nilai ulangan harian, mid semester maupun ujian semesteran yang bagus. Pun begitu dengan kalian yang berstatus mahasiswa, wajib memperhatikan nilai IPK di akhir semester.

cara aameraih kesuksesan dalam belajar

Tanpa mengesampingkan nilai non akademik yang juga memiliki arti penting sebagai seorang pelajar, berikut ini adalah beberapa tips cara meraih kesuksesan dalam belajar.

6 Cara Meraih Kesuksesan dalam Belajar

Awali kegiatan Belajar Kamu dengan Berdoa

Doa memiliki kedudukan maupun peranan penting bagi manusia, karena memiliki makna permohonan antara manusia dengan Tuhannya. Khasiat doa begitu besar dalam kehidupan manusia. Dengan kamu berdoa, kedamaian bisa kamu raih, semangat hidupmu bisa ditingkatkan, serta emosi kamupun bisa dikendalikan. Dengan doa, terdapat harapan yang terbentang.

Ikatlah Ilmu dengan Tulisan

Jam belajar di sekolah maupun dikampus, tentu tidak akan lepas dari yang namanya Guru atau Dosen, nah dari setiap sesi jam pelajaran yang diisi oleh mereka,yang biasanya dibatasi oleh waktu catatlah poin-poin penting mengenai apa apa yang disampaikan oleh mereka. Ini terkhusus untuk kamu yang cenderung gaya belajarnya bertipe audio maupun visual. Jadi, ikatlah keterangan-keterangan yang disampaikan oleh pengajar kamu, baik itu guru maupun dosen dengan tulisan ataupun catatan.

Cari Sumber Belajar yang Menurutmu Efektif

Di era milenial sekarang, belajar tidak hanya terbatas di ruang sempit saja. Maksudnya begini, kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja, meskipun itu tidak di sekolah. Pun begitu dengan sumber belajar, sumber belajar tidak hanya datang dari Guru maupun Dosen saja lho. Kamu bisa memanfaatkan gadget kamu untuk belajar, platform-platform digital yang tersebar di jagat maya tentunya akan memanjakan kamu yang sedang mencari referensi dalam belajar.

Bentuk Forum Diskusi Kecil-kecilan dengan Sobatmu

Buatlah diskusi kecil seusai kelas kamu berakhir bersama teman-teman kamu, tapi ingat ya forum diskusi ini bukan untuk ngegosip atau apa ya. Tujuan forum diskusi kecil ini tentu saja untuk membahas tentang materi tadi yang kamu pelajari pada sesi pembelajaran. Kamu bisa bertukar pikiran dengan teman kamu mengenai sub materi yang menurut kamu sulit untuk bisa bersama-sama mencari “jalan keluarnya”. Kamu juga bisa membuat list mengenai sub materi yang belum kamu kuasai yang nantinya bisa kamu tanyakan kepada guru maupun dosen kamu di pertemuan berikutnya. Mengenai materi yang belum bisa kamu kuasai, berbekal dengan list tadi kamu juga bisa mencari “jalan keluar” sendiri setidaknya melalui platform digital sesampainya kamu di rumah. 

Lawanlah Kebiasaan Kamu yang Sering Menunda-nunda Belajar

Pelajari dan kerjakan selagi kamu bisa, jangan suka menunda. Ingatlah bahwa kamu tidak hanya dihadapkan pada satu mata pelajaran maupun satu mata kuliah saja, pelajari dan kerjakan sebelum materi dan tugas lainnya datang bagai gerbong kereta api yang nggak putus-putus. Ambil pena dan buku kamu, dan belajar. Kerjakanlah!

Buat Jadwal untuk Aktivitas Harian Kamu

Setiap pelajar memiliki aktivitas dan harus selesai sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Buatlah jadwal aktivitas harianmu di selembar kertas ataupun di smartphone kamu, tulis dan lakukanlah mana yang menurut kamu prioritas. Dengan begitu kamu secara tidak langsung juga melatih diri kamu sendiri untuk berdisiplin dan lebih menghargai waktu. 

Itulah sedikit ulasan mengenai 6 cara meraih kesuksesan dalam belajar. Semoga berhasil menerapkannya ya.