Tips Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar

Tips Mengelola Keuangan Keluarga - Jika Anda adalah orang tua. Menghabiskan uang sesuai anggaran yang telah dibuat juga menjadi tantangan tersendiri. Bisa jadi setiap bulan Anda justru mengeluarkan uang lebih banyak, misalnya untuk pakaian, karena anak tumbuh dengan sangat cepat dan sering berganti ukuran. Setiap pengeluaran harus dipertimbangkan dengan matang karena Anda pasti tidak ingin terlalu boros dan menuruti permintaan setiap anak. 

tips mengelola keuangan keluarga

Atau tidak memperhatikan pengeluaran nominal kecil, sehingga Anda tidak bisa menabung untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan darurat. Dengan beberapa cara sederhana dan tips Megelola Keuangan yang matang, semua kekhawatiran tersebut dapat Anda atasi. Tidak perlu khawatir karena selalu ada jalan agar kebutuhan Anda dan keluarga dapat terpenuhi dan tidak membebani Anda dalam mengalokasikan pendapatan.

Anggaran adalah kunci utama

Sebagai langkah pertama, catat setiap pengeluaran Anda, tidak peduli seberapa besar atau bahkan kecil. Lakukan ini selama sebulan penuh sehingga Anda tahu di mana pengeluaran terbesar keluarga Anda. Setelah itu Anda dapat membuat anggaran pengeluaran untuk pendapatan di bulan-bulan berikutnya.

Anda bisa memutuskan untuk membatasi pengeluaran di sektor tertentu atau menambah alokasi dana untuk sektor lain. Anda dapat mempraktikkan rasio anggaran untuk mengalokasikan pendapatan Anda setiap bulan. Rasio anggaran yang cukup populer adalah 50:20:30. Angka ini berarti:

  • 50% dari penghasilan Anda dapat digunakan untuk biaya hidup sehari-hari.
  • 20% dari penghasilan Anda disimpan di tabungan.
  • 30% dari pendapatan Anda untuk pengeluaran lain, seperti tagihan internet, biaya sekolah anak,  dll.   

Membuat anggaran pengeluaran adalah kunci untuk mengidentifikasi pendapatan dan pengeluaran Anda setiap bulan. Ia juga dapat membantu Anda menyesuaikan kebutuhan keluarga dengan penghasilan Anda setiap bulan sambil menyisihkan sejumlah uang untuk tabungan atau tujuan keuangan lainnya.

Untuk membuat anggaran ini, Anda dapat memanfaatkan templat spreadsheet sederhana yang dapat ditemukan di internet, atau menggunakan aplikasi serupa yang dapat Anda unduh di ponsel cerdas Anda. 

Bagaimana Tips Menyimpan Uang dengan tepat?

Jika Anda menggunakan kartu kredit, lihat kembali laporan tagihan Anda bulan lalu. Atau cukup renungkan catatan pengeluaran yang Anda buat sebelumnya. Anda harus bisa memilah mana yang termasuk dalam kategori sampah dan malah bisa menekan mereka untuk hidup lebih hemat. Mengurangi pengeluaran di beberapa sektor, seperti hiburan, makan di restoran, atau mencicil barang yang tidak perlu adalah langkah awal yang baik.

Tinjau kembali pengeluaran terbesar Anda dan pikirkan bagaimana Anda dapat menguranginya. Jika frekuensi makan di luar keluarga Anda cukup tinggi dan terlihat dari catatan Anda, maka tidak ada salahnya memotong anggaran untuk itu. Memasak sendiri jelas jauh lebih hemat daripada makan di restoran. Anda juga bisa memanfaatkan periode diskon yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan untuk menghemat pengeluaran belanja. 

Buatlah daftar apa yang akan dibeli setiap bulan saat Anda berbelanja dan hanya membeli yang Anda butuhkan. Tidak ada salahnya menggunakan barang bermerek yang generik dan lebih murah asalkan fungsinya sama dengan merek terkenal dan cenderung mahal. Pintar-pintarlah mencari info tentang ini dan jangan mudah tergiur dengan iklan. Menggunakan layanan seperti ini jelas membutuhkan uang, tetapi anggap saja sebagai investasi. 

Dengan membayarnya, Anda sebenarnya bisa berhemat dalam jangka panjang. Dalam hal ini, sangat penting bagi Anda untuk bersikap realistis. Artinya, jika Anda menyadari ada tagihan bulanan yang cukup besar dan tidak bisa diakali atau ditekan, Anda harus mengimbanginya dengan membatasi pengeluaran di sektor lain. Dan jangan pernah meremehkan pengeluaran Anda sekecil apa pun.

Yakinlah bahwa penganggaran keuangan efektif berpengaruh dalam membantu Anda untuk berhemat. Uang yang Anda sisihkan itu juga dapat dialokasikan untuk bepergian bersama keluarga ke luar kota sebagai sarana menyegarkan dan hadiah karena telah berhasil mengumpulkan uang dengan nominal tertentu. Demikian ulasan tentang tips mengelola keuangan keluarga semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Tips Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel