Tips Mudah Mengelola Gaji Bulanan

Generasi milenial harus bagaimana caranya untuk bisa mengelola gaji bulanan. Berikut adalah Tips Mudah Mengelola Keangan. Silahkan di simak !

Tips Mudah Mengelola Gaji Bulanan - Setiap orang memiliki cara berbeda dalam menetapkan gaji. Cara ini bisa efektif untuk mengatur gaji mereka, namun belum tentu efektif jika diterapkan oleh orang lain. Anda juga perlu memiliki cara untuk mengatur gaji yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Hemat adalah suatu keharusan, tetapi jangan menyiksa diri sendiri!

Namun harus diakui bahwa mengelola keuangan pribadi memang merupakan tugas yang mudah. Hanya ada kendala yang membuat Anda boros atau gagal menghemat uang. Strategi yang salah dalam mengatur uang, dompet bocor dan uang habis sebelum waktunya! Berikut ini merupakan tips mudah mengelola Gaji Bulanan.

tips mudah mengelola gaji bulanan

Bagilah Gaji Dengan Rasio

Setelah menerima gaji, hal pertama yang harus dilakukan Anda adalah membuat anggaran perencanaan pengeluaran. Anda bisa membagi gaji menjadi rasio pengeluaran agar pengeluaran tidak melebihi batas wajar. Rasio biaya yang biasa digunakan adalah 50/30/20, dengan keterangan, 50% dari gaji digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya untuk membayar uang sewa, makan, dan biaya transportasi.

Gaji 30% merupakan anggaran sepi yang bisa digunakan Kalian untuk keperluan konsumtif dan hiburan, seperti nonton film, beli baju baru, atau nongkrong bareng teman. 20% gaji adalah jumlah minimum yang dibutuhkan untuk menabung. Rasio ini bisa diterapkan agar penghasilan bisa mencukupi kebutuhan sebulan.

Berikut Contoh Perhitungannya

Misalnya gaji bulanan Anda 3 juta. Jadi dengan mengatur rasio gaji di atas, Anda perlu membagi gaji Anda menjadi rasio:

 50% x 3 juta = 1,5 juta untuk kebutuhan sehari-hari

 30% x 3 juta = 900 ribu untuk hiburan

 20% x 3 juta = 600 juta untuk tabungan

Dengan menggunakan rasio ini, Anda tetap bisa menabung dan bersenang-senang tanpa merasa tersendat menabung.

Apa Fungsi dari Memiliki 2 rekening?

Memiliki 2 akun adalah cara mengelola gaji berikutnya setelah membagi pendapatan menjadi rasio biaya. Tujuan dari 2 akun tersebut adalah untuk memudahkan Sahabat Pintar dalam mengelola keuangan pribadi. Satu akun untuk berbagai transaksi, seperti akun penggajian (menerima gaji) dan untuk transaksi lainnya. Rekening lainnya digunakan sebagai rekening tabungan.

Mengapa Anda harus memiliki 2 akun? Alasannya sederhana agar Kalian tidak mengganggu alokasi uang untuk tabungan. Jika hanya dalam satu akun, Kalian tetap bisa mengakses uang dengan mudah. Dengan memiliki 2 akun untuk tujuan berbeda, Kalian akan lebih mudah dalam memenuhi rasio pengeluaran yang sudah dibagi di awal. Jadi, jika Kalian sekarang hanya punya satu rekening, buka rekening lain untuk menabung ya!

Segera Simpan

Agar tujuan menabung mudah terpenuhi, Kalian harus segera menabung setelah mendapat gaji. Tujuannya agar kebutuhan atau keinginan lain tidak mengganggu alokasi uang untuk tabungan. Agar semaksimal mungkin, pada hari gajian Kalian segera mentransfer penyaluran tabungan ke rekening khusus untuk tabungan.

Tabungan sebenarnya dapat dipisahkan menjadi dua jenis: tabungan darurat dan tabungan jangka panjang. Namun jika tidak ingin ribet, satu jenis tabungan saja sudah cukup untuk mencapai tujuan finansial Anda Anda.

Gunakan Metode Amplop

Setelah berhasil membagi uang menjadi porsi tabungan, Kalian kini mengatur pengeluaran. Cara termudah untuk melakukan pengeluaran sesuai anggaran adalah dengan menggunakan metode amplop. Tentu, metode ini terdengar seperti cara kakek nenek kita dalam mengelola uang. Namun, cara mengatur gaji dengan amplop ini adalah metode yang efektif untuk mengendalikan biaya.

Ada dua cara dalam metode amplop ini berdasarkan kategori pengeluaran. Pertama, dengan memisahkan uang dalam amplop yang dibagi ke dalam kategori kebutuhan pos. Kalian perlu menyiapkan beberapa amplop lalu menuliskan setiap keperluan pada setiap amplop. Adapun pos pengeluaran yang dimaksud adalah uang makan, biaya transportasi, biaya kos, biaya laundry, biaya tempat nongkrong, dan lain-lain.

Kemudian Kalian kembali memecah uang yang telah dialokasikan ke setiap amplop pos. Kedua, dengan memisahkan amplop berdasarkan hari. Cara yang satu ini jauh lebih sederhana dari cara yang pertama. Kalian hanya butuh menyiapkan 30 lembar amplop, kemudian beri nomor dengan angka 1 sampai 30 atau sesuai dengan jumlah hari di bulan mendatang. Masing-masing amplop tersebut Kalian dengan pembagian rasio uang untuk kebutuhan dan hiburan.

Selalu Lacak Pengeluaran

Cara mengatur gaji tak lengkap jika tidak ada langkah untuk pengeluaran pengeluaran. Kalian perlu memperhatikan setiap hari untuk memastikan pengeluaran pada hari itu melebihi budget atau tidak. Kalian bisa melakukannya dengan membuat laporan keuangan sederhana. Namun, kalau nggak mau ribet, Kalian bisa pakai aplikasi pelacak keuangan yang tersedia gratis untuk smartphone. Demikian tips mudah mengelola gaji bulanan semoga bermanfaat.