Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen tanpa Backup

Untuk Anda yang menggunakan aplikasi perpesanan whatsapp, begini cara mengembalikan chat WA yang Terhapus Permanen tanpa Backup yang benar, terbukti!

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen Tanpa Backup - Aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi chat yang bisa diunduh di Play Store yang sudah tersedia di perangkat smartphone Anda. Aplikasi WhatsApp saat ini banyak disukai oleh sebagian pengguna smartphone karena selain ringan dan kecil, aplikasi WhatsApp memiliki fitur backup yang dapat membackup data yang ada di WhatsApp.

cara mengembalikan chat wa yang terhapus permanen

Fitur backup atau backup data pada aplikasi ini sangat berguna ketika Anda dengan sengaja atau tidak menghapus beberapa data, baik itu berupa Chat Wa, foto, atau lainnya. Selain itu, jika kamu mengganti smartphone kamu dengan yang baru dan ingin memulihkan data kamu, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di aplikasi WhatsApp ini.

Baca Juga : Cara Setting Anonytun Kuota Malam Telkomsel Jadi 24 Jam

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Dihapus

Untuk mengembalikan data pada aplikasi WhatsApp, Anda perlu melakukan backup data ke Google Drive. Biasanya setiap tujuh hari WhatsApp otomatis akan mencadangkan data Anda setiap 2 malam. Namun sebelumnya, Anda harus mengaktifkan fitur backup data WhatsApp ke Google Drive.

Cara Backup Chat WhatsApp di Android

Cara pertama mengaktifkan fitur backup data WhatsApp ke Google Drive adalah kamu buka aplikasi WhatsApp, lalu klik tombol tiga titik yang ada di pojok atas. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, kamu pilih menu pengaturan atau pengaturan. Jika sudah masuk ke menu setting, pilih chat kemudian pilih menu backup chat.

Setelah masuk ke cadangan chat, Anda akan diminta untuk menautkan cadangan chat ke akun Google Anda. Anda juga dapat mengatur kapan pencadangan dilakukan dengan memilih opsi yang tersedia seperti harian, mingguan, bulanan, atau saat Anda mengetik cadangan. 

Untuk masalah jaringan, Anda juga dapat memilih opsi menggunakan data seluler atau wifi untuk menghubungkan data WhatsApp Anda. Jadi setelah kamu melakukan backup data ke Google Drive, data kamu tidak akan hilang, apalagi saat kamu mengganti smartphone kamu dengan yang baru.

Baca Juga : Begini Cara Mengembalikan Chat Line yang Sudah Terhapus Tanpa Backup

Bagaimana Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Dihapus di Android?

Cara mengembalikan chat WhatsApp Anda di smartphone lama Anda ke smartphone baru adalah dengan menginstal ulang WhatsApp dan masuk ke akun Anda. Biasanya akan muncul notifikasi yang meminta Anda untuk memulihkan data Anda. Yang harus Anda lakukan adalah klik yes atau ok maka otomatis data Anda sebelumnya akan muncul di aplikasi WhatsApp di smartphone baru Anda.

Cara lain untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus sebelum dicadangkan, yang pertama adalah Anda membuka pengelola file. Kemudian memori penyimpanan tempat menyimpan folder aplikasi WhatsApp Anda bisa internal maupun eksternal. Setelah itu, Anda pilih dan buka menu database. 

Setelah itu ubah nama file "msgstore.db.crypt12" menjadi "backup-msgstore.db.crypt12". Kemudian Anda memilih tanggal yang kira-kira datanya sudah ada di smartphone Anda. Misalnya jika Anda bingung bisa mengambil tanggal atau sehari sebelum atau kemarin. Lalu Anda mengubah tanggal dan hari yang Anda pilih dengan mengetik "msgstore.db.crypt12". 

Setelah itu kamu buka lagi aplikasi WhatsApp tersebut dan masukkan nomor WhatsApp yang biasa kamu gunakan untuk mendapatkan kode verifikasi. Setelah masuk, pilih restore atau restore backup, kemudian anda bisa mengembalikan data yang terhapus kembali.

Cara Memulihkan Chat Whatsapp yang Dihapus di iPhone

Bagi Anda pengguna iPhone tentunya juga bisa mengembalikan chat yang terhapus yaitu restore menggunakan iTunes. Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di iPhone adalah kamu menghubungkan iPhone kamu dengan iTunes, setelah itu kamu pilih ringkasan di aplikasi iTunes. Kemudian Anda klik menu restore backup dan pilih nama file backup yang ingin Anda kembalikan.

Baca Juga : Begini Cara Setting Modem Bolt 4G di PC (Komputer)

Kemudian klik restore dan tunggu prosesnya selesai. Pastikan selama proses ini perangkat iPhone Anda selalu terhubung. Anda dapat memutuskan atau memutuskan sambungan saat proses selesai. Itulah ulasan tentang cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Demikian artikel tentang cara mengembalikan chat wa semoga dapat bermanfaat.