Manfaat Multimedia di Bidang Pendidikan pada Era Digital

Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesatnya. Inilah manfaat multimedia di bidang pendidikan di era digital. Selamat membaca

Pendidikan adalah cikal bakal masa depan bangsa. Kualitas sumber daya manusia yang bagus dilahirkan dari pendidikan yang bagus. Berbicara tentang pendidikan tidak cukup hanya satu atau dua hari. Untuk menciptakan iklim pendidikan yang bagus bisa diperlukan waktu bertahun-tahun yang tanpa henti, khususnya dalam berinovasi.

Adanya berbagai teknologi canggih di era sekarang, sekiranya mampu membantu proses belajar mengajar. Penerapan multimedia dalam proses transfer ilmu nyatanya mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari di sekolah dalam berbagai tingkatan

Multimedia bisa dimaksimalkan stakeholder pendidikan, dalam meningkatkan mutu pembelajaran negara kita ini.

Untuk lebih dalam mengenai beragam manfaat multimedia di bidang pendidikan silahkan simak artikel di bawah ini:

Beberapa Manfaat Multimedia untuk Pembelajaran

manfaat multimedia di bidang pendidikan

Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik

Sebagai seorang guru kita tidak hanya dituntut menjelaskan materi saja, melainkan juga harus memikirkan cara agar peserta didik paham dengan materi yang akan disampaikan. Beruntungnya kita sudah dimudahkan dengan hadirnya berbagai perangkat multimedia seperti laptop, speaker, lcd proyektor dan sebagainya terutama yang menunjang IT.

Baca Juga : Cara Meraih Kesuksesan dalam Belajar, Begini Rahasianya!

Perangkat multimedia mampu meningkatkan efektivitas belajar peserta didik. Perangkat multimedia mampu menghadirkan pengalaman visual dan audio yang lebih baik dibandingkan dengan pola belajar konvensional yang sudah lama ditinggalkan, terlebih di era sekarang ini.

Ini juga dibuktikan dengan berbagai penelitian ilmiah yang memberikan kesimpulan bahwa penerapan multimedia mampu meningkatkan  pemahaman peserta didik sebesar 50 %. Karena melibatkan alat pendengaran dan penglihatan.

Membantu Menjelaskan Hal Abstrak

Kelebihan lain tentang adanya perangkat multimedia adalah membantu menjelaskan hal abstrak. Tidak semua materi pelajaran bisa dijelaskan dengan mudah. Sehingga membuat siswa merasa kesulitan, jenuh dan merasa belajar adalah hal yang tidak menyenangkan.

Perangkat Multimedia seperti Lcd Proyektor misalnya mampu memberikan ilustrasi yang lebih luas dan berwarna bila dibandingkan dengan menulis materi di papan tulis. Juga dengan perangkat speaker yang mampu menghadirkan suasana pembelajaran di dalam ruang kelas lebih hidup.

Kesimpulannya perangkat multimedia mampu memberikan kedekatan antara peserta didik dan materi yang dipelajari di dalam ruangan kelas

Menimbulkan Rasa Senang Belajar

Kebiasaan belajar tanpa harus disuruh adalah harapan guru terhadap muridnya. Belajar bukan hanya saat ujian saja, namun juga harus dilakukan setiap saat. Diperlukan pendekatan yang berbeda untuk menarik simpati murid, salah satunya dengan memakai perangkat multimedia.

Multimedia mampu meningkatkan semangat siswa dalam belajar, pasalnya suguhan grafik, animasi, dan efek suara yang ditampilkan sangat menarik dan mudah untuk untuk dipahami.

Baca Juga : 7 Strategi untuk Memotivasi Anak Anda untuk Belajar

Pengaplikasian perangkat multimedia akan semakin maksimal bila ditunjang dengan skill guru dalam membagikan ilmu dan ketersediaan alat peraga, terutama dalam menguasai teknologi informasi yang dewasa ini semakin berkembang dengan pesat.

Lebih Detail Mengenai Hal teknis kegunaan perangkat multimedia dalam kehidupan sehari-hari

  • Multimedia diperlukan untuk melakukan presentasi. Dengan menyampaikan materi memakai lcd proyektor dan perangkat pendukung lainnya. 
  • Mendengarkan file audio seperti lagu, kumpulan doa dan audio lain yang masih memiliki hubungan dengan pelajaran. Kegiatan ini memerlukan speaker untuk mengeraskan suara.
  • Untuk keperluan grafis, diagram dan animasi lainya. Perangkat yang bisa digunakan ada laptop/dekstop.
  • Untuk keperluan pembelajaran bahasa, seperti bahasa Inggris misalnya biasanya akan menggunakan laboratorium yang berisi seperangkat alat multimedia

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa manfaat multimedia di bidang pendidikan pada era digital, semoga bisa menambah wawasan para pembaca