E-Wallet Terpopuler di Indonesia dan Beberapa Fiturnya

E-Wallet Terpopuler Di Indonesia Dan Beberapa Fiturnya - E-wallet saat ini sangatlah menjadi trend karena ini sangat praktis dan juga tidak ribet dalam melakukan sebuah aktivitas setipa harinya. Saat ini e-wallet sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dan ada juga beberapa jenis E-Wallet Terpopuler yang sering digunakan.

e-wallet terpopuler di indonesia

E-wallet merupakan layanan untuk keuangan yang berbasis digital dalam bertujuan melakukan sebuah transaksi untuk bisa berbagai keperluan dengan menggunakan saldo. Layanan e-wallet sudah banyak digunakan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta khususnya bagi kaum millenial karena dikenal sangat praktis dan sangat digemari oleh kaum millenial.

Saat Anda menggunakan e-wallet, Anda tidak perlu menyiapkan uang tunai untuk transaksi. Penjual sendiri juga tidak perlu memberikan uang kembalian dalam pembayaran yang dilakukan yang sudah pasti pas dengan nominal yang tertera.

Dengan arus transaksi yang berkembang, semakin banyak merek yang menawarkan fasilitas e-wallet. Nah, jika hal ini terjadi, tentu akan menyulitkan Anda untuk memilih mana yang benar-benar aman dan mudah digunakan. Untuk itu kami sudah merangkum beberapa e-wallet yang populer dan juga paling sering digunakan dinegara kita. Mungkinkah salah satunya sudah menjadi milik Anda?

E-Wallet Terpopuler Di Indonesia 

Banyak jenis dari e-wallet yang digunakan masyarakat khususnya yaitu di bagian kota besar dan pada diartikel ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang bingung dalam memilih e-wallet. Berikut ulasan singkat beberapa merek e-wallet yang ada;

Go-Pay

Siapa yang tidak kenal dengan Go-Pay, tentunya hampir setiap komunitas mengenal Go-Pay. Setelah Go-Jek sukses dengan bisnis transportasi online-nya, Go-Jek pun melebarkan sayapnya dalam mengembangkan Go-Pay.

CEO Go-Jek Nadiem Makarim juga mengatakan bahwa kedepannya Go-Pay akan mandiri sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dan telah mendapatkan izin dari pelanggaran uang elektronik dari Bank Indonesia.

Baca Juga : Bayar Alfamart Pakai Gopay PayLater : Begini Caranya!

Hingga saat ini, saldo dari Go-Pay dapat digunakan untuk berbagai layanan seperti membayar Go-Ride, membayar Go-Food, pulsa, dan masih banyak lagi lainnya. Proses pengisian saldo juga dapat dilakukan dengan mudah melalui E-banking, M-Banking, ATM atau melalui driver Go-Jek. Fitur GoPay tidak hanya dapat digunakan untuk membayar layanan Go-Jek, tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai transaksi non tunai contohnya:

  • Transfer saldo ke sesama pengguna GoPay
  • Membayar pulsa atau paket data
  • Membayar tagihan iuran BPJS
  • Membayar tagihan PLN
  • Bayar tagihan Wifi dan TV Kabel seperti Indihome
  • Membayar tagihan PDAM
  • Membayar tagihan cicilan kredit
  • Membayar belanjaan online

Dana

Dana yaitu e-wallet yang mendapatkan sebuah izin dari Bank Indonesia yaitu sebagai Lembaga Keuangan Digital atau (LKD) dan juga menggunakan e-money. Ada yang unik dari Dana, yaitu aplikasi Dana terhubung langsung dengan pihak kependudukan dan pencatatan sipil di mana masa persetujuannya bisa dipersingkat.

Baca Juga : Apakah Bisa Top Up DANA di Indomaret? Bisa Kok!

Kegunaan aplikasi Dana adalah untuk dapat membayar tagihan dan belanja serta terkoneksi dengan ATM dan BPJS. Inilah yang dapat menjadi jenis e-wallet ini sangat fleksibel. Fitur apa yang telah DANA sediakan?

  • DANA Protection: Lindungi uang Anda dengan sistem keamanan berlapis agar transaksi DANA Anda tetap aman dan terlindungi.
  • Scan Kode QR: Untuk bisa membayar dengan sangat cepat dan juga mudah saat bayar dikasir, dengan cara pindai Kode QR diDana Anda.
  • Kirim dan Terima Uang : Bisa transfer ke orang lain tanpa biaya tambahan, lho! Caranya adalah dengan menggunakan nomor ponsel mereka. Dalam hitungan detik, mereka akan menerima uang dari Anda hanya dengan memindai kode QR DANA Anda.
  • Bayar Tagihan: Mau bayar tagihan listrik, air, BPJS, hingga cicilan? Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dengan membayar dengan DANA.

Sakuku

Sakuku bekerja sama dengan Bank Central Asia (BCA) di mana Anda tahu bahwa BCA adalah perusahaan besar untuk mendistribusikan gaji kepada karyawannya. Maka tidak heran jika nasabah BCA banyak sekali dan akhirnya BCA menghadirkan e-wallet untuk mempermudah transaksi.

Ada dua jenis e-wallet Sakuku yaitu Sakuku dan Sakuku Plus, yang membedakan adalah jumlah maksimal saldo yang harus tersedia. Untuk Sakuku, saldo maksimum yang harus tersedia adalah 2 juta dan untuk Sakuku Plus, saldo maksimum yang harus tersedia adalah 10 juta. 

Keunggulan Sakuku Plus adalah dapat melakukan Split Bills dan penarikan tunai. Yang ingin memakai e-wallet jenis Sakuku, Anda bisa mengunduhnya aplikasi ini di Play Store untuk para pengguna Android dan App Store untuk para pengguna smartphone iOS. Sakuku menyediakan fasilitas sebagai berikut:

  • Tarik tunai di ATM BCA
  • Berbagi tagihan dengan sesama pengguna Sakuku (Split bill)
  • Lihat teman yang juga menggunakan Sakuku
  • Mengirim uang (transfer) ke rekening BCA

OVO

Siapa yang tidak mengenal OVO yang merupakan e-wallet yang menawarkan banyak keuntungan. Dimana saat ini OVO juga bekerja sama dengan Tokopedia untuk menjadi OVO sebagai dompet digital untuk pembayaran pembelian di Tokopedia.

Selain berkolaborasi dengan Tokopedia, OVO juga terus melebarkan sayapnya dengan menggandeng berbagai brand besar, bahkan supermarket dan toko offline lainnya dengan menyediakan alat pembayaran digital OVO dengan promo menarik.

OVO juga menghadirkan top up point untuk memudahkan dan cepat top up tersedia di berbagai tempat. Sama dengan jenis E-wallet lain-nya, OVO juga bisa didownload di Smartphone sehingga bisa melakukan berbagai hal, contohnya seperti:

  • Bayar transportasi Grab tanpa uang tunai
  • Bayar makanan dan minuman di berbagai outlet/outlet Merchant OVO.
  • Investasi
  • Donasi untuk amal
  • Peer to Peer & Transfer Bank untuk meningkatkan saldo maksimal OVO Cash Anda menjadi Rp10.000.000

LinkAja

Bank Mandiri memiliki basis nasabah yang besar dan juga merupakan pionir dalam penggunaan pembayaran elektronik dengan e-money. Sayangnya banyak kelemahan yaitu seperti harus menggunakan kartu bank dalam mengisi saldo dan juga tidak bisa dilakukan dengan online, maka Bank Mandiri sediri telah mengeluarkan e-wallet yang bernama LinkAja. Sebelum menjadi LinkAja, T-cash dibangun oleh Telkomsel.

Baca Juga : Upgrade LinkAja Selalu Gagal? Lakukan 5 Langkah Ini!

LinkAja dapat digunakan dalam transaksi seperti tunai di merchant yaitu rekanan dari Bank Mandiri dan Telkomsel. Layanan yang bisa dilakukan yaitu adalah tarik tunai dan juga transfer secara offline dengan cara tap ataupun scan. Melalui LinkAja!, kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi non tunai lho! Misalnya seperti:

  • Transfer uang ke akun/pengguna LinkAja lain!
  • Beli pulsa atau paket data internet semua operator
  • Membayar tagihan listrik atau Token PLN
  • Beli makanan dan minuman dengan memindai QR Code di outlet
  • Donasi untuk amal
  • Membayar pajak kendaraan

Itulah beberapa jenis e-wallet yang sering digunakan di Indonesia beserta fitur-fiturnya. Semoga dengan informasi ini Anda akan lebih mengenal e-wallet. Buat kamu yang bingung mau pakai e-wallet yang mana, semoga informasi di atas bisa jadi referensi. Tidak hanya itu, keberadaan e-wallet ini akan membuat aktivitas menjadi lebih efisien dan efektif. Demikianlah ulasan tentang e-wallet terpopuler di Indonesia dan beberapa fiturnya semoga bermanfaat.

 

Belum ada Komentar untuk "E-Wallet Terpopuler di Indonesia dan Beberapa Fiturnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel