Dampak Globalisasi di Bidang Teknologi Beserta Contohnya

Dampak Globalisasi di Bidang Teknologi Beserta Contohnya - Arus globalisasi yang begitu pesat sangat berpengaruh bagi berbagai bidang kehidupan, khususnya dalam bidang teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin canggih dan inovatif diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia dan memberikan manfaat positif bagi kehidupan. 

dampak globalisasi di bidang teknologi

Penciptaan mesin atau robot telah membantu pekerjaan yang sebelumnya menggunakan tenaga manusia. Tentu saja pekerjaan akan lebih cepat selesai dengan bantuan teknologi semacam ini. Sama seperti dampak globalisasi dalam bidang pendidikan, pengaruh globalisasi terhadap teknologi juga dapat memberikan dampak positif yang sangat membantu dan juga dampak negatif yang merugikan. 

Baca Juga : Keuntungan Menjadi Agen Si Cepat

Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang hidup di era globalisasi perlu menyikapi dengan bijak kemajuan zaman. Lalu apa saja dampak globalisasi terhadap dunia teknologi? Pada artikel ini, kita akan membahas Dampak Globalisasi di Bidang Teknologi, baik dampak positif maupun dampak negatifnya.

Dampak Positif Globalisasi Terhadap Teknologi


Kemudahan Mengakses Informasi dari Internet

Tidak dapat dipungkiri bahwa derasnya arus globalisasi sangat mempengaruhi kemudahan seseorang dalam mengakses informasi di dunia maya. Informasi di internet dapat menyebar dengan cepat, sehingga dapat diakses oleh semua orang di mana saja dan kapan saja. 

Misalnya, keberadaan televisi dan internet memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi terkini di seluruh dunia. Kemudahan dalam mengakses informasi ini, jika ditangani dengan bijak, akan memberikan dampak yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti mengembangkan kualitas ilmu pengetahuan, meningkatkan pola pikir manusia, dan menumbuhkan sikap toleran antar umat beragama yang berwawasan dan berilmu luas.

Baca Juga : Cara Membuat Kurikulum Bimbel

Kita dapat menemukan informasi tentang metode pembelajaran berbasis teknologi yang diterapkan oleh negara-negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Selain itu, kita dapat dengan mudah menemukan informasi tentang tren pendidikan yang ada di luar negeri. Informasi ini dapat dijadikan acuan dan diterapkan dalam sistem pendidikan di negara-negara berkembang di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. 

Kemudahan Komunikasi Jarak Jauh

Dampak positif globalisasi dalam bidang teknologi selanjutnya adalah kemudahan berkomunikasi dengan orang lain yang berada jauh. Di era modern ini, kita dimudahkan dengan keberadaan handphone dan jaringan internet yang semakin luas, sehingga kita tidak perlu lagi menulis surat dan mengirimkannya melalui pos saat ingin berkomunikasi dengan orang lain. 

Baca Juga : Cara Mencairkan Limit Kredivo Ke Rekening 

Adanya aplikasi seperti Zoom, Line atau Whatsapp memudahkan kita untuk berkomunikasi langsung dengan orang lain, bahkan kita bisa memanfaatkan fitur video call di aplikasi tersebut dan melihat aktivitas orang lain yang kita hubungi saat itu. Kehadiran aplikasi tersebut dapat kita manfaatkan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di luar negeri, bahkan kita dapat menjangkau orang-orang yang berada di negara maju dan berkembang di dunia.

Kenyamanan dalam Sarana Transportasi

Transportasi yang sudah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia kini telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Setiap orang yang ingin bepergian ke tempat yang jauh kini dipermudah dengan pilihan transportasi darat, laut dan udara. Akses untuk mendapatkan tiket perjalanan kini semakin mudah dengan penjualan tiket online, baik melalui website resmi maupun website penyedia layanan penjualan tiket online.

Website ini menyediakan banyak pilihan tiket perjalanan ke mana saja dan memudahkan kita dalam memesan tiket, sehingga kita tidak perlu lagi mengantri di stasiun atau bandara jika ingin memesan tiket. Kita juga bisa mendapatkan diskon saat memesan tiket secara online, sehingga kita bisa menghemat biaya yang dikeluarkan untuk membeli tiket.

Penciptaan Mesin Canggih

Kemajuan teknologi telah memberikan berbagai kemudahan dalam aktivitas manusia, salah satunya dengan terciptanya mesin-mesin canggih yang dapat mempermudah berbagai pekerjaan manusia. Contohnya bisa kita lihat dari penciptaan mesin atau robot canggih yang digunakan untuk memproduksi barang di sebuah pabrik. 

Kemudahan Transaksi Jual Beli

Fitur-fitur tersebut memudahkan kita untuk bertransaksi dengan handphone atau laptop, sehingga kita tidak perlu lagi pergi ke bank hanya untuk mentransfer sejumlah uang. Fitur-fitur tersebut juga banyak digunakan oleh para pelaku jual beli online, sehingga secara langsung mempermudah transaksi dalam jual beli online.

Website marketplace ini juga memberikan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi jual beli online, karena beberapa marketplace menawarkan fitur akun (joint account) yang dapat digunakan oleh penjual dan pembeli sebagai pihak ketiga. Melalui fitur akun ini, pembeli tidak perlu takut ditipu oleh penjual online, karena uang yang telah ditransfer akan disimpan di akun dan akan diteruskan ke akun penjual ketika barang tiba dengan selamat di alamat pembeli. .

Dampak Negatif Globalisasi untuk Teknologi


Maraknya Kejahatan di Dunia Cyber (Cybercrime)

Kemajuan teknologi yang disalahgunakan menjadi perhatian negara-negara di dunia. Kejahatan di internet atau cybercrime memiliki berbagai jenis seperti pembajakan website, penipuan jual beli online, pencurian uang di rekening, transaksi narkoba, bahkan penggunaan teknologi oleh jaringan teroris. 

Semua orang perlu mewaspadai kasus seperti ini, apalagi sekarang ketergantungan pada fasilitas online untuk perbankan, media sosial dan jual beli online semakin tinggi. Oleh karena itu, peran pemerintah dan warganya sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kejahatan di dunia maya. Pemerintah perlu membuat sistem yang dapat mencegah maraknya cybercrime, sedangkan masyarakat perlu mendukung program dari pemerintah dengan melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan cybercrime dan menyikapi perkembangan teknologi secara bijak.

Perpindahan Tenaga Manusia

Penggunaan mesin sebagai alat bantu produksi tampaknya sudah menjadi kebutuhan di beberapa negara dengan perekonomian terbaik di dunia. Penciptaan mesin-mesin canggih yang membantu pekerjaan manusia rupanya memberikan sisi lain yang merugikan manusia itu sendiri. 

Munculnya barang-barang modern di Indonesia juga dapat menggeser peran barang-barang tradisional. Misalnya, penggunaan gerabah yang memiliki unsur budaya kini telah ditinggalkan dan digantikan dengan penggunaan mesin yang lebih praktis. Tentu hal ini menjadi masalah besar bagi para pengrajin gerabah, sehingga diperlukan inovasi kreatif untuk menjaga perekonomian tetap berjalan.

Bangkitnya Individualisme

Perkembangan teknologi memberikan dampak positif berupa kecanggihan gadget dan jangkauan internet yang luas, namun perkembangan teknologi tersebut dapat merugikan pengguna itu sendiri. Salah satu dampak buruknya adalah munculnya individualisme dalam masyarakat. 

Individualisme sering diartikan sebagai pandangan yang menunjukkan keegoisan seseorang dalam mengutamakan hak pribadinya tanpa memperhatikan orang lain. Individualisme juga mengacu pada perilaku seseorang yang tidak bersosialisasi dengan orang lain. Munculnya sikap individu di era modern ini seolah mengaburkan budaya gotong royong. Akibatnya, kodrat manusia sebagai makhluk sosial seolah menjadi kabur karena era globalisasi yang berkembang pesat.

Kehadiran smartphone saat ini seolah membuat orang lupa waktu, bahkan saat berkumpul mereka lebih sering menatap layar smartphone daripada berkomunikasi secara langsung. Seorang anak yang memiliki smartphone sejak kecil cenderung menjadi individu ketika dewasa.

Demikian pembahasan mengenai Dampak Globalisasi di Bidang Teknologi  beserta contohnya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi kalian.


Belum ada Komentar untuk "Dampak Globalisasi di Bidang Teknologi Beserta Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel