5 contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif

Tulislah 5 contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif? ulasan di artikel ini akan menjawab semuanya. Selamat membaca ya, semoga bermanfaat

Linguamakna.id - Tulislah 5 contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif? Tentunya kalian sebagai seorang pelajar sering mendapatkan tugas, atau ulangan dengan pertanyaan yang demikian bukan? Nah, pada kesempatan ini kami akan mengulas mengenai apa itu yang dimaksud dengan perkembangbiakan generatif beserta contoh tumbuhannya.

Apa Itu Perkambangbiakan Generatif?

Pada perkembangbiakan generatif, sel sperma dan sel telur mengalami fertilasi yang mengakibatkan terbentuknya embrio yang tersimpan di dalam biji yang kemudian biji tersebut dapat tumbuh menjadi tanaman yang baru. Sifat dari tanaman beru tersebut merupakan gabungan dari sifat kedua induknya dan sifat keturunan inilah yang membuat perkembangbiakan secara generatif menjadi bervariasi.

Baca Juga : Manfaat Multimedia di Bidang Pendidikan pada Era Digital

Menurut buku Seri Sains: Perkembangbiakan Makhluk Hidup karya Sri Winarsih, S.Pd., perkembangbiakan secara generatif adalah perkembangbiakan makhluk hidup dengan cara peleburan sel kelamin jantan dengan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina melalui proses perkawinan (fertilisasi) sehingga terbentuk zigot yang akan berkembang menjadi individu bar

Apa Saja Alat Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan?

Tumbuhan biji tertutup yang berkembangbiak secara seksual pasti memiliki alat kelamin namun sebelum membahas tentang alat kelamin pada tumbuhan hendaknya membahas tentang bunga terlebih dulu, karena proses reproduksinya dengan tanda munculnya bunga.

5 contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif

Pada tumbuhan , proses fertilasi atau pembuahan di awali dengan peristiwa  polinasi atau penyerbukan. Proses penyerbukan ini melalui bantuan lebah. Apa manfaat keberadaan lebah bagi bunga? perlu kita pahami bahwa lebah mencari madu yang berada pada bunga maka dari itu, lebah dan bunga memiliki hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain yakni lebih dapat membantu bunga untuk melakukan penyerbukan.

Serbuk sari melekat pada kaki lebah yang kemudian pada saat lebah berpindah, serbuk sari yang melekat tersebut melekat pada kepala putik pada bunga. Proses menempelnya serbuk sari kekepala putik ini yang disebut dengan penyerbukan atau polinasi.

Contoh Tumbuhan yang Berkembang Biak Secara Generatif

5 contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif dengan memanfaatkan bijinya ini akan bisa menjawab pertanyaan  Tulislah 5 contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif? Nah berikut ini adalah contoh-contohnya 

  • Kacang tanah
  • Jagung
  • Manga 
  • Rambutan
  • Papaya

Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan Tingkat Rendah

  1. Konjugasi, perkembangbiakan generatif pada tumbuhan yang belum jelas alat kelaminnya. Contoh: ganggang sekrup, jamur, dan bakteri.
  2. Peleburan sel gamet, pada beberapa tumbuhan tingkat rendah, sel kelamin jantan dan betina memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Contoh: Chlamydomonas.
  3. Spora, spora banyak ditemukan di bagian bawah daun. Contoh: tumbuhan lumut dan tumbuhan paku.
Demikian ulasan kami mengenai 5 contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif pada tumbuhan tingkat tinggi maupun tingkat rendah. Semoga mempermudah jawaban dari tugas-tugas para pembaca semuanya.