5 Tips Belanja Grosir Sajadah hingga Cara Merawatnya

5 Tips Belanja Grosir Sajadah hingga Cara Merawatnya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Terima Kasih sudah membaca artikel ini ya.

5 Tips Belanja Grosir Sajadah hingga Cara Merawatnya - Kualitas sajadah juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, karena hal ini berkaitan dengan kenyamanan ketika beribadah. Tentunya sebagai umat muslim, ibadah yang khusyuk harus menjadi prioritas utama Anda, bukan? Oleh karena itu, dalam memilih sajadah, jangan hanya berfokus pada harga, tapi juga pada kualitas. 

5 Tips Belanja Grosir Sajadah hingga Cara Merawatnya

Selain itu, Anda juga harus tau tentang tips belanja grosir sajadah supaya Anda bisa mendapatkan sajadah kualitas terbaik namun dengan harga yang terjangkau. Tidak cukup sampai disitu, cara merawat sajadah juga perlu Anda ketahui supaya sajadah yang Anda miliki tetap terjaga kualitasnya.

Baca Juga : Jual Bibit Lele Semarang untuk Budidaya Lele

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas banyak hal tentang sajadah, mulai dari jenis-jenisnya, cara merawatnya, hingga tips belanja grosir sajadah yang bisa diterapkan baik secara online maupun offline.

Jenis-jenis sajadah

Di Indonesia, banyak sekali jenis-jenis sajadah yang beredar di pasaran – yang dijalankan oleh para pelaku bisnis grosir sajadah. Jenis-jenis sajadah ini bisa dibedakan berdasarkan fungsinya, bahan yang digunakan hingga coraknya. Dalam tulisan ini kita hanya akan membahas 5 jenis sajadah yang sering digunakan oleh masyarakat muslim di Indonesia, berikut ini adalah jenisnya:

1. Karpet sajadah

Karpet sajadah merupakan jenis sajadah yang biasa digunakan di banyak masjid di Indonesia. Bahan yang digunakan untuk membuat karpet sajadah ini cukup beragam, yaitu bisa terbuat dari bahan dasar wol, kulit binatang, serat sutra, nilon dan Polypropylene (PP). Untuk harga grosir sajadah jenis ini tentu rentangnya berbeda-beda, tergantung jenis bahan yang digunakan dan kualitas produksinya.

2. Sajadah Batik

Sajadah batik merupakan jenis sajadah yang banyak beradar di pasaran dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Untuk bahannya sendiri, jenis sajadah ini umumnya terbuat dari bahan kain, mengingat media kain merupakan media yang paling cocok untuk melukis batik. Jenis kain yang biasa digunakan adalah kain mori dan kain primisina. Untuk kisaran harga grosir sajadah batik ini berkisar antara Rp. 15.000 – Rp. 200.000

3. Sajadah Travel

Sesuai namanya, sajadah jenis ini adalah sajadah yang bisa kita gunakan ketika sedang berekreasi atau traveling. Disaat berpergian, tentunya kita tidak bisa menjamin kalau kita akan mendapatkan tempat ibadah yang nyaman. Alhasil, kita akan kebingungan untuk melaksanakn salat karena tidak mempunyai alas. Oleh karena itu, hadirlah sajadah travel sebagai jawaban atas permasalahan tersebut. 

Sebagai tips, sebelum membeli sajadah tavel, pilih lah jenis sajadah travel yang berbahan dasar waterproof sehingga disaat berpergian, sajadah tersebut tidak mudah basah dan tetap nyaman untuk digunakan. Untuk harga, sajadah travel ini cukup bervariasi, Anda bisa mendapatknya mulai dari Rp. 8.500 hingga ratusan ribu rupiah.

4. Sajadah Turki

Yang membedakan jenis ini dengan sajadah lainnya adalah motif coraknya, yaitu lebih berwarna terang dan bahannya yang halus. Hal ini membuat sajadah Turki jadi tampil lebih cerah ketika digunakan dalam keadaan gelap. Selain itu, sajadah turki juga memiliki fitur petunjuk arah kiblat, sehingga bisa membantu penggunanya untuk menentukan arah kiblat. Harga grosir sajadah Turki ini tentunya juga bervariasi, hargnya berkisar antara Rp. 40.000 – Rp. 300.000.

5. Sajadah Busa

Seperti namanya, sajadah busa adalah sajadah yang dibuat dengan bahan dasar busa, sehingga membuat sajadah ini empuk dan nyaman ketika digunakan. Inilah yang menjadi kelebihan dari sajadah busa, sehingga membuatnya banyak diminati oleh masyarakat. Namun, kekurangan dari sajadah ini adalah sulit untuk dicuci karena jenisnya yang berbahan dasar busa. Oleh karena itu, harga grosir sajadah jenis ini cukup bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusar ribu rupiah

Tips merawat sajadah

Setalah membeli sajadah, baik itu di toko resmi maupun di tempat grosir sajadah, tentunya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat sajadah itu sendiri. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan;

1. Gulung/lipat sajadah setiap selesai salat

Membiarkan sajadah tergeletak dilantai terlalu lama tentunya akan membuat sajadah lebih mudah terkena kotoran atau debu. Oleh karena itu, sebisa mungkin gulung/lipat sajadah yang Anda gunakan setelah salat.

2. Tempatkan di tempat yang bersih

Tempat penyimpanan sajadah juga harus selalu dijaga kebersihannya. Jika tempat penyimpanan sajadah Anda kotor, maka sediakan waktu untuk membersihkannya guna menjaga kualitas dari sajadah-sajadah yang Anda miliki. Kebersihan sajadah tentunya menjadi salah satu faktor utama untuk menghadirkan kenyamanan ketika Anda menjalankan ibadah. 

3. Cuci secara berkala

Kebersihan adalah sebagian dari iman, begitulah pedoman umat islam. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencuci sajadah secara berkala – mungkin 1 atau 2minggu sekali. Selain itu, jangan lupa untuk membaca ketentuan cara pencucian yang dianjurkan, karena ada bahan-bahan tertentu yang memerlukan perlakuan khusus ketika kita mencucinya.

4. Jangan mencuci dengan air panas

Point ini berkaitan dengan point sebelumnya. Sebagian besar jenis sajadah, tidak cocok untuk dilakukan pencucian dengan air panas, karena hal ini bisa membuat sajadah yang Anda miliki malah mengalami penyusutan bahan.

5. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung

Beberapa jenis dari bahan sajadah, tidak cocok jika dilakuan penjemuran langsung di bawah sinar matahari, karena bisa menyebabkan bahan sajadah yang digunakan lapuk. Sebagai gantinya, akan lebih baik, jika dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dibentangkan di tempat yang sejuk. 

Dimana bisa belanja grosir sajadah?

Nah, sekarang tentunya Anda sudah mengetahui tentang jenis-jenis sajadah dan cara merawatnya. Selanjutnya, pasti pertanyaan yang muncul dalam kepala Anda adalah “Dimana saya bisa belanja grosir sajadah?” betul?

Baca Juga : Jenis Usaha Sampingan Bagi Pemula yang Menguntungkan

Untuk menjawab hal tersebut, di era digital seperti sekarang, keperluan belanja grosir sajadah bisa Anda lakukan secara online maupun offline. Pastinya, ada kelebihan dan kekurangan tersendiri dari kedua cara tersebut. 

Misalnya, jika Anda belanja online, kelebihan yang akan Anda dapatkan adalah Anda bisa menghemat energi dan ongkos karena Anda tidak perlu mendatangi langsung tempat grosir sajadah tersebut. Namun, kekurangannya adalah Anda tidak bisa mengetahui secara langsung kualitas dari sajadah yang akan Anda beli. Begitupun sebaliknya dengan belanja offline.

Tips belanja grosir sajadah

Pelajari tentang kualitas dari setiap jenis sajadah

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, kualitas dari sebuah sajadah berbeda-beda, tergantung jenis sajadah itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berbelanja, ada baiknya Anda mencari tau terlebih dahulu tentang kualitas dari jenis-jenis sajadah yang akan Anda beli.

Tentukan jenis yang ingin dibeli

Hal ini berkaitan dengan riset harga. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, ada banyak jenis sajadah yang beredar di Indonesia. Dari setiap jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang membuat harga dari setiap jenis tersebut bervariasi. Semakin bagus kualitasnya tentu akan membuat harga sajadah jadi semakin mahal. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menentukan jenis sajadah yang ingin Anda beli terlebih dahulu, karena ini berkaitan dengan harga.

Tentukan ukuran sajadah yang ingin dibeli

Selain berdasarkan bahan, sajadah juga bisa dibedakan berdasarkan jenis ukurannya. Ukuran yang bervariasi ini juga mempengaruhi harga dari sajadah itu sendiri, dan juga akan berpengaruh pada harga nantinya. Oleh karena itu, hal ini perlu diperhatikan supaya kegiatan belanja Anda tidak overbudget.

Jangan sungkan bernegosiasi

Negosiasi adalah hal yang lumrah dalam proses jual beli. Jadi, ketika Anda belanja, baik secara online maupun offline, jangan pernah sungkan untuk melakukan negosiasi harga terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerugian. Jangan lupa juga untuk mempelajari teknik-teknik bernegosiasi yang nantinya bisa membantu Anda.

Membeli di toko resmi

Membeli sajadah di toko resmi beguna untuk mencegah terjadinya penipuan. Untuk mengetahui sebuah toko resmi atau tidak, Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu tentang kredibilitasnya di Internet. Selain itu, jika memang ingin belanja secara online, via TokoPedia atau Shopee misalnya, Anda bisa mengecek akun penjual terlebih dahulu, apakah sudah terverifikasi atau belum.

Baca Juga : Cara Menghapus Dosa Zina yang Bisa Dilakukan

Kesimpulan

Kegiatan belanja grosir sajadah tentu tidak bisa dilakukan tanpa adanya persiapan yang matang, baik itu secara online maupun offline. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan beberapa hal, seperti misalnya mengetahui jenis-jenis sajadah, cara merawat sajadah, hingga beberapa tips yang bisa Anda persiapkan sebelum berbelanja. Mungkin sekian pembahasan dari tulisan ini, semoga bermanfaat.