Kenapa Keyboard Laptop tidak Berfungsi : Penyebab dan Solusinya!

Keyboard laptop kamu tidak berfungsi? Inilah kenapa keyboard laptop tidak berfungsi disertai dengan penyebab dan juga solusinya. Semoga bermanfaat Ya

Linguamakna - Anda sedang mengalami keyboard laptop tidak respon, ataupun rusak total? Keyboard yang rusak bisa disebabkan oleh banyak faktor. Untuk membuatnya normal kembali, tentunya Anda harus mengetahui penyebab kenapa keyboard laptop tidak berfungsi, dan mencoba mencari solusinya.

Kenapa Keyboard Laptop tidak Berfungsi

Gangguan pada Hardware Keyboard

Salah satu penyebab paling sering dari keyboard yang tidak berfungsi adalah adanya gangguan pada hardware. Bantalan yang longgar bisa membuat keyboard tidak sensitif lagi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard Laptop Asus Tidak Berfungsi

Selain itu, baterai laptop yang terlalu panas juga bisa menyebabkan keyboard tidak respon atau mengalami delay secara tiba-tiba. Apalagi kalau Anda menggunakan keyboard nirkabel, kalau baterainya lemah, sensitivitas dari tombol keyboard juga ikut berkurang. Jadi, Anda harus diisi daya terlebih dahulu.

Gangguan pada Software Keyboard

Penyebab selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah adanya kerusakan pada software. Hal tersebut bisa menjadi penyebab keyboard tidak merespon secara tiba-tiba. Selain itu, juga bisa terjadi kalau Anda sering install aplikasi pihak ketiga dan sering mematikan laptop padahal tidak ada perintah shut down.

Penuh Kotoran (Debu/ Sisa Makanan)

Anda jarang membersihkan keyboard? Jika iya, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab keyboard laptop tidak berfungsi. Banyaknya debu atau sisa makanan yang masuk ke sela-sela keyboard bisa membuat sensor tidak berfungsi, jadi ketika ditekan, perintah tidak akan tampil pada bagian layar.

Tersiram Air

Berbeda dengan penyebab sebelumnya yang terjadi karena kotoran atau debu yang menyangkut pada sela-sela tombol keyboard saja. Kalau Anda sering minum saat menggunakan laptop, air yang tumpah bisa lebih berbahaya. Hal tersebut dikarenakan dapat menyebabkan bagian dalam keyboard menjadi rusak.

Driver Hilang atau Sudah Lama

Kalau Anda masih bingung kenapa keyboard laptop tidak berfungsi dan belum menemukan penyebabnya, coba cek drivernya. Mungkin driver dari keyboard hilang atau sudah waktunya update lagi. Driver memiliki fungsi untuk menyambungkan keyboard ke system operasi laptop.

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop Lewat Keyboard : Cuma 30 Detik!

Jadi kalau sampai hilang atau using, maka sistem operasi tidak akan memberikan respon kepada perintah tombol keyboard. Tetapi, masalah tersebut masih bisa diatasi dengan meng-update  layanannya di OS yang dipakai. Contohnya saja pada driver keyboard Windows 10.

Bug pada Fitur Filter Keys

Penyebab selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah adanya bug atau gangguan pada fitur filter keys. Fitur ini berfungsi untuk menyaring adanya pengulangan dari perintah pengetikan huruf atau angka yang berasal dari pencetan tombol keyboard.

Selain itu, juga berguna untuk mengetik kata sandi ketika login ke laptop (untuk Anda yang memasang lock pada laptop) supaya menghindari kesalahan pengetikan. Perlu Anda ketahui bahwa fitur ini bisa mengalami gangguan dan menyebabkan turunnya fungsi dari keyboard.

Salah Menghubungkan Keyboard Eksternal

Keyboard laptop yang tidak berfungsi bisa dikarenakan Anda yang salah menghubungkan USB dari keyboard eksternal ke port laptop. Hal tersebut dikarenakan USB yang tidak kompatibel dengan port USB yang tersedia di laptop.

Perangkat Keyboard Memang Sudah Rusak

Penyebab terakhir yang memungkinkan keyboard tidak berfungsi adalah karena perangkat keras atau badan dari keyboard sudah rusak. Contohnya saja kabel fleksibel penghubung keyboard ke motherboard  sudah terputus, kalau memang hal tersebut yang menjadi penyebabnya, maka segera bawa ke teknisi laptop.

Baca Juga : Fungsi dan Kombinasi Tombol Keyboard Laptop dan PC

Demikian beberapa penyebab kenapa keyboard laptop tidak berfungsi yang penting untuk Anda ketahui. Sebaiknya, mulai sekarang lakukan perawatan keyboard dengan secara rutin. Caranya tidak terlalu sulit, cukup dengan membersihkannya setiap sebelum dan sesudah digunakan.