Modal Usaha Angkringan Low Budget

Mau berbisnis angkringan yang kekinian dan low budget? Ini lah ulasan mengenai modal usaha angkringan low budget, semoga menginspirasi Anda.

Modal Usaha Angkringan Low Budget - Anda tentu tidak asing lagi dengan kata angkringan dan penasaran dengan modal usaha angkringan. Salahsatu usaha yang biasanya menyajikan berbagai jenis minuman seperti wedang jahe, kopi, kopi susu, serta gorengan, dan makanan lain dengan tenda yang umumnya terletak di pinggir jalan. 

Modal Usaha Angkringan Low Budget

Namun, di era yang semakin berkembang, konsep angkringan ikut berkembang. Banyak angkringan dengan modifikasi kafe hanya dengan kesan dan tampilan lebih sederhana. Meskipun begitu produk yang dijual masih sama dengan angkringan umumnya. 

Baca Juga : Jual Bibit Lele Semarang untuk Budidaya Lele

Melihat banyaknya peminat di angkringan sebab harga yang ditawarkan cenderung rendah, perlu diketahui berapa kiranya modal usaha angkringan yang diperlukan. Karena dalam memulai sebuah usaha, modal menjadi hal utama yang harus dimiliki sebelum seseorang memulai berwirausaha.

Meskipun terdapat berbagai hal lain yang harus dipertimbangkan seperti kelemahan, kelebihan, keuntungan, dan kerugian dalam membuka usaha, tapi dengan mengetahui modal yang dimiliki maka usaha yang dibangun bisa disesuaikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha angkringan dengan budget rendah adalah sebagai berikut. 

Kelemahan Usaha Angkringan

Sebelum memulai usaha angkringan, akan sangat baik dengan memahami kelemahannya terlebih dahulu. Usaha angkringan cenderung lebih sederhana dibanding usaha lainnya terlebih dengan sewa tempat yang bisa dilakukan dengan hanya mendirikan tenda di pinggir jalan atau lapangan. Namun, untuk keamanannya tentu harus diperhatikan. 

Tidak adanya pengawasan khusus serta banyaknya pelanggan masuk yang kadang tidak diketahui membuat usaha angkringan berkecenderungan memiliki tingkat kejahatan yang tinggi. Kejahatan seperti mencuri, curang, atau bahkan membegal. 

Risiko usaha angkringan cukup tinggi. Dengan kekhasannya berbentuk tenda dari terpal membuat risiko seperti adanya hujan deras dan keamanan lain harus dipertimbangkan. Sebab, risiko usaha angkringan dengan kasus dicurangi juga tidak sedikit. Sementara tidak semua pemilik bisa tahu dan dapat melawan ketika usahanya tengah dicurangi. 

Kelebihan Angkringan Sebagai Bisnis Usaha

Meskipun memiliki kelemahan dan risiko yang cukup tinggi, usaha angkringan memiliki kelebihan serta keuntungan yang tidak kalah tinggi. Kelebihan dari usaha ini bahwa setiap lini masyarakat dapat membeli di angkringan dengan harga yang relatif murah dan sesuai kantong. 

Karena harganya yang sesuai membuat masyarakat cenderung memilih angkringan sebagai tempat istirahat dan mengenyangkan perut. Makanan dan minuman yang dijual juga bervariasi sehingga masyarakat bisa memilih. Hal ini membuat masyarakat merasa lebih nyaman tanpa adanya batasan saat membeli. 

Terlebih saat ini usaha angkringan bukan hanya berbentuk tenda, tapi memberikan usaha angkringan modern. Seperti yang mungkin pernah anda temui tempat berkumpul minum kopi yang bentuknya hampir seperti warung kopi. Kondisi tersebut merupakan salah satu wujud dari usaha angkringan modern.

Baca Juga : Tips Memilih Marketplace untuk Jualan

 Angkringan dengan tenda terpal mulai berkurang mengingat risikonya yang cukup tinggi dan beralih lebih modern berwujud warung kopi. Meskipun begitu, usaha angkringan modern saat ini menjadi salahsatu bisnis usaha yang dilakukan banyak orang sebab modal usaha yang cenderung kecil dengan keuntungan lumayan besar. 

Tips Memulai Usaha Angkringan

Bagi usaha angkringan pemula, tentu penting mengetahui apa saja tips yang bisa dan harus dilakukan. Karena dalam memulai sebuah usaha, memperhatikan berbagai sisi baik keuntungan, modal, tempat, hingga kemungkinan yang dapat terjadi menjadi hal wajib yang harus anda pahami. 

Untuk anda yang hendak membangun usaha angkringan pemula, anda harus mencari banyak referensi terkait hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Berikut beberapa tips dalam memulai usaha angkringan. 

Mencari Lokasi Strategis

Lokasi usaha menjadi salahsatu hal penting yang harus sangat diperhatikan. Karena lokasi yang kurang tepat membuat pelanggan akan sulit datang kecuali jika memang tempatnya sudah memiliki nama dan promosi yang bagus sehingga memudahkan pelanggan. Lokasi strategies seperti di pinggir jalan akan memudahkan pelanggan untuk melihat tempat usaha anda dan tertarik mencobanya.

Mendekor Tempat Semenarik Mungkin

Selain lokasi, sajian tempat yang menarik dan nyaman dapat memikat pelanggan untuk betah berlama-lama di angkringan. Karena itu dekor tempat usaha angkringan menjadi semenarik dan senyaman mungkin.

Menyediakan Fasilitas yang Umum Dibutuhkan

Biasanya saat berkumpul, seseorang cenderung hendak berlama-lama dengan mengobrol atau mengerjakan tugas. Karena itu sangat penting menyediakan fasilitas seprti toilet, tempat ibadah, terminal, dan wifi, hingga kipas angin. Dengan fasilitas memadai, pelanggan akan lebih betah.

Memberi Harga Relatif Rendah

Angkringan terkenal dengan harga lebih rendah dibanding tempat minum lainnya. Karena itu pastikan bahwa harga yang anda tawarkan untuk produk angkringan anda tidak terlalu tinggi. Sebab, harga yang sesuai akan memberikan kepuasan tersendiri kepada pelanggan. 

Keuntungan Usaha Angkringan

Bayangkan jika dalam sehari anda mendapat pemasukan dari 50 pelanggan yang masing-masing menghabiskan Rp. 10.000 untuk minum dan makan maka hasilnya dalam satu hari bisa anda dapatkan Rp. 5.00.000 dan dalam satu bulan Rp. 15.000.000. 

Hasil tersebut dapat anda nikmati sendiri setelah mengakumulasikan modal usaha dan menghasilkan laba kotor. Karena itu bisnis usaha angkringan yang cenderung sederhana ini cocok untuk usaha angkringan pemula terlebih modal usaha yang tidak cukup banyak. 

Modal Usaha 

Setelah memperhatikan kemungkinan profit yang didapatkan dalam satu bulan, berapakah kemungkinan modal usaha yang anda butuhkan untuk membuka usaha angkringan? Terlebih bagi usaha angkringan modern. Tentu banyak peluang usaha angkringan yang bisa dicoba dengan modal low budget. Dibawah ini merupakan rincian modal usaha angkringan.

Dekor Tempat

Rp. 3.000.000

Peralatan

Rp. 2.500.000

Set Kompor

Rp. 1.500.000

Bahan Pokok

Rp. 5.000.000

Sewa Tempat

Rp. 500.000

Lain-lain

Rp. 100.000

Total

Rp. 12.600.000

 Jika dibayangkan dalam satu bulan anda mendapat Rp. 15.000.000 maka laba kotor yang didapat mencapai Rp.2.400.000. Capaian tersebut didapat dengan kemungkinan terendah pelanggan membeli. Peluang usaha angkringan memberikan laba yang lebih besar tergantung bagaimana proses marketing yang dilakukan.

Serba-serbi Angkringan

Usaha angkringan menjadi salah satu bisnis yang bisa dilakukan dengan budget rendah. Modal usaha angkringan modern memiliki peluang usaha yang cukup besar. Anda harus paham bahwa pelanggan angkringan lebih banyak anak muda ataupun pekerja baik sopir hingga pekerja kantoran. 

Baca Juga : Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa

Modal usaha yang tidak lebih dati Rp. 15.000.000 dengan keuntungan yang pasti lebih besar harus dicoba. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan tempat usaha dan juga menu yang disediakan agar pelanggan tidak bosan. 

Closing 

Modal usaha angkringan dengan budget rendah da terbilang mudah bisa anda coba khususnya bagi pemula dalam bidang ini. Anda akan mendapat peluang usaha angkringan dan mengembangkannya menjadi lebih besar jika tekun dan pantang menyerah. 

Setiap usaha selalu memiliki jatuh bangunnya masing-masing, karena itu penting mempelajari apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum memulai sebuah usaha. Artikel ini dapat anda gunakan ketika mencari referensi modal usaha angkringan low budget.