Tata Cara Sholat Hajat Beserta Doa Sholat Hajat Latin dan Terjemahannya

Inilah Tata Cara Sholat Hajat Beserta Doa Sholat Hajat Latin dan Terjemahannya. Semoga bermanfaat untuk Anda, dan hajat Anda lekas dikabulkan Allah.

Tata Cara Sholat Hajat Beserta Doa Sholat Hajat Latin dan Terjemahannya – Sholat hajat adalah sebuah bentuk usaha permohonan seorang hamba kepada Allah. Masalah diijabah atau tidaknya itu hak perogratif Allah. 

Namun semakin sering kita memohon, maka akan terlihat bahwa semakin urgen atau pentingnya keinginan kita dan Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan usaha hambanya selama dia ikhlas dan niatnya baik. 

Tata Cara Sholat Hajat Beserta Doa Sholat Hajat Latin dan Terjemahannya

Kalaupun Allah tidak mengkabulkan permintaan kita, maka kita tetap punya pahala yang luar biasa yang bisa dinikmati di akhirat kelak yang nilainya lebih dari apa yang kita minta. Subhanallah. 

Bagaimana tata cara sholat hajat beserta doa sholat hajat latin dan terjemahannya? Silahkan simak postingan berikut ini.

Niat Sholat Hajat Beserta Huruf Latin dan Terjemahan

Niat sholat bisa dilafalkan atau di dalam hati. Adapun niat sholat hajat beserta huruf latin dan terjemahannya bisa Anda simak di bawah ini

أصلي سنة الحاجة ركعتين هلل تعالى

USHALLII SUNNATAL HAAJATI RAKATAINI LILLAHI TAALAA

Yang artinya : “ Saya berniat melakukan sholat sunnah hajat dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Taala”. 

Tata Cara Sholat Hajat

Secara umum, tata cara sholat hajat sama dengan sholat sunnah yang lainnya. Diawali dengan niat sholat hajat kemudian dilanjutkan seperti pada sholat sunnah lainnya. Sholat hajat ini dilakukan minimal dua rekaat dan maksimal dua belas rekaat. Sedangkan surat pendek yang dibaca pada sholat hajat adalah surat apapun bisa dibaca pada sholat sunnah ini.

Ada beberapa ulama yang berpendapatt bahwa untuk sholat hajat, surat pendek yang dibaca adalah pada rekaat pertama surat Al Kafirun dan pada rekaat ke dua adalah surat Al Ikhlas. Di bawah ini adalah urut-urutan tata cara sholat hajat.

  • Niat sholat hajat
  • Takbiratul ihram
  • Berdiri bagi yang mampu
  • Pada raka’at yang pertama, membaca surat Al-Fatihah setelah itu kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kafirun sebanyak 10 kali. Pada rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan dengan membaca surat Al-Ikhlash sebanyak 10 kali
  • Ruku’
  • ‘Itidal
  • Sujud dua kali
  • Duduk diantara dua sujud
  • Tuma’ninah (tenang sejenak) dalam ruku’, sujud, duduk diantara dua sujud dan i’tidal
  • Tasyahud akhir
  • Membaca sholawat kepada Nabi
  • Duduk karena melakukan tasyahud akhir dan sholawat salam
  • Salam yang pertama
  • Tertib

Doa Sholat Hajat Latin dan Terjemahannya

Setelah selesai melaksanakan sholat hajat, jangan beranjak dulu lakukan beberapa anjuran seperti membaca istghfar sebanyak 100x kemudian membaca sholawat nabi 100x. Selain itu kemudian juga dianjurkan membaca tasbih 100x dan bacaan tahlil 100x.

Anda bisa memanjatkan doa setalh melakukan sholat sunnah hajat, seperti di bawah ini :

Artinya : "Tidak ada Tuhan melainkan Allah yang Maha Lembut dan Maha Penyantun, Maha suci Allah, Tuhan pemelihara arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling pengasih dan penyayang."

Demikian ulasan mengenai Tata Cara Sholat Hajat Beserta Doa Sholat Hajat Latin dan Terjemahannya, Semoga bermanfaat dan hajat Anda segera dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.